Berburu Kuliner Mantap di Kota Solo, Terenak dan Kekinian

Pernahkah kalian berkunjung ke Solo? Jika belum, banyak wisata menarik lho di Kota Solo. Seperti Benteng Vastenburg, Keraton Surakarta, Taman Balaikambang, Taman Edupark, THR Sriwedari dan masih banyak lagi. Tempat tempat wisata tersebut sayang jika kalian lewatkan. Nah, biasanya nih kalo kita sedang berwisata ke suatu kota atau tempat. Pasti ga afdol kalo belum yang namanya mencicipi makanan dari kota tersebut.

Di sini saya akan merekomendasikan pada kalian pecinta kuliner dan kalian yang ingin mencicipi mantapnya kuliner di Solo . Ada apa ajasih. Yuk langsung saja kita bahas beberapa tempat kuliner mantap yang ada di Kota Solo .

Soto Seger Mbok Giyem

Kalo kalian lagi ke Kota Solo, jangan lewatkan nih Soto Seger yang ada di warung Mbok Giyem. Soto ini salah satu kebanggaan Kota Solo. Soto yang berisikan potongan daging, kuah bening, seledri, bawang merah goreng, kecambah ditambah lagi dengan jeruk nipis, sambal kecap ini seger banget. Dan harganyapun cukup terjangkau.

Jadi kalo kalian habis muter muter di Kota Solo, mampir aja nih ke Soto Mbok Giyem yang ada di Jalan Bhayangkara Tipes Solo Jawa Tengah. Habis berjalan jalan ria terus makan soto seger. Mantap banget kan. Eits, tapi pastikan kalian datang ke Warung Mbok Giyem jam 6 pagi sampe jam 12 siang ya.

Bakso Alex

Yang kedua ada Bakso Alex. Bagi kalian pecinta bakso, rekomended buat kalian datang ke sini. Bakso ini udah terkenal banget loh. Karena emang rasanya yang di jamin enak. Bahkan Bakso Alex ini bisa menghabiskan 50kg daging perhari nya. Keren bukan, dan ini membuktikan bahwa Bakso Alex ini udah sangat populer di Kota Solo.

Dan jika kalian tertarik untuk makan di Bakso Alex ini, datang aja ke Jl. Gajah Mada No 62 Solo Jawa Tengah.

Susu Shie Jack

Ini nih tempat asyik buat kuliner malam sekaligus nongkrong di Kota Solo. Susu Shie Jack ini buka dari jam 5 sore sampai jam 2 pagi. Nah kalian pasti udah sering nemuin Susu Shie Jack ini di daerah Solo. Karena di Solo sendiri, Susu Shie Jack ini memiliki 12 cabang. Banyak bukan, jadi kalian enggak susah buat nyari Susu Shie Jack ini. Tapi pusat dari Susu Shie Jack ini ada di Jl. Kapten Mulyadi, tepatnya ada di depan Benteng Vastenburg.

Nasi Liwet Wongso Lemu

Tempat kuliner enak selanjutnya, yaitu Nasi Liwet Wongso Lemu yang terkenal enak di Kota Solo. Di tempat ini menyediakan nasi liwet yang enak banget dan bikin kamu ketagihan. Nasi liwet yang berupa nasi gurih dan berpadu dengan telur rebus, suwiran daging, sayur labu, dan areh ini menggoda untuk di cicipi.

Jika kalian ingin kesini. Datang saja ke Jl. Teuku Umar Keprabon. Nasi Liwet Wongso Liwet ini buka dari jam 4 sore sampe jam 1 dini hari.

Selat Solo Mbak Lies

Katanya nih, Selat Solo Mbak Lies ini udah cukup melegenda di Kota Solo karena rasanya yang enak. Jadi jangan lupa mampir ke Selat Solo Mbak Lies yang ada di Jl Veteran Gg Yudhistira Cerengan Surakarta. Harga nya terjangkau yaitu mulai dari 10.000 saja. Selat Solo Mbak Lies ini buka dari jam 10 sampe jam 5 Sore.

Tahu Kupat Sholihin

Tempat Kuliner remomended selanjutnya yaitu Tahu Kupat Sholihin. Tempatnya ada di Jl Gajah Mada No. 95 Solo Jawa Tengah. Tahu kupat di sini sangat di minati masyarakat karena rasanya yang sangat lezat.

Satu porsi tahu kupat yang berisi ketupat, tahu goreng, bakwan goreng, kacang goreng, taode, mie basah, lalu di siram dengan bumbu Tahu Kupat ala Sholihin ini di banderol dengan harga mulai dari 8000. Terjangkau kan harganya, jadi jangan sampai lupa mampir.

Sate Kambing Mbok Galak

Untuk kalian para pecinta sate kambing, datang saja ke Sate Kambing yang ada di Jl Mangun Sarkoro No 122 Solo Jawa Tengah. Menu utama yang ada di warung ini adalah sate kambing. Tetapi ada menu lainnya di sini seperti tengkleng, gule, sate buntel, tongseng dan yang lainnya. Untuk harga Sate Kambing Mbok Galak ini, satu porsi nya 30.000 saja. Satu porsi biasa nya berisi 10 tusuk yang di siram dengan bumbu kacang yang lezat dan sangat khas. Sangat menggoda untuk di cicipi.

Warung Pecel Bu Kis

Tempat kuliner yang akan kita bahas selanjutnya adalah Warung Pecel Bu Kis yang ada di belakang Pengadilan Negri Surakarta.  Tempat makan ini sangat populer, karena menyediakan pecel dengan bumbu yang memiliki cita rasa khas yang berbeda dengan warung warung lainnya.

Jika kamu tertarik untuk mencicipi bagaimana rasa pecel di warung bu Kis ini, datang saja ke belakang pengadilan negri jam 7 pagi sampai jam 2 siang.

Itulah beberapa rekomended tempat kuliner yang sayang buat kalian lewatkan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian yang ingin berburu mantapnya kuliner solo.

Serabi Notosuman – Oleh Oleh Legendaris Khas Solo

Solo memang terkenal akan kota wisata yang masih kental akan budaya nya. Banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk di jadikan tempat berlibur. Contohnya seperti Keraton Solo, Alun alun kota, Benteng Vatenburg, Balaikambang, Edupark dan masih banyak lagi.

Dan jika anda berlibur ke Solo, tak lengkap rasanya jika anda belum mencicipi oleh-oleh legendaris asal Solo ini. Serabi Notosuman yang sudah sangat melegenda ini sudah ada sejak tahun 1920-an. Konon katanya, para penjual serabi berasal dari keturunan yang sama yaitu Hoo Ge Hok.

Brand dari Serabi Notosuman yang terkenal ini sendiri di ambil dari nama jalan, di tempat pertama kali kios serabi legendaris ini di buka. Yaitu jln Notosuman yang sekarang berubah nama menjadi Jln Moh Yamin. Meskipun telah berganti nama, Srabi ini tetap di kenal sebagai Srabi Notosuman.

Serabi Notosuman ini berbeda dengan serabi dari daerah daerah lain. Sebab serabi Notosuman di gulung lalu di bungkus mengunakan daun pisang dan di hidangkan tidak menggunakan kuah sehingga langsung bisa di makan. Serabi Notosuman ini cenderung tipis, lembut, kenyal dan juga legit. Rasa santan nya yang sangat kuat di mulut. Di jamin pasti ada langsung ketagihan.

Sambil membeli, kita juga dapat melihat proses pembuatannya. Prosesnya  pun terbilang masih sederhana dan tradisional. Bahan untuk membuat serabi ini cukup mudah, hanya membutuhkan tepung beras dan santan yang di aduk menjadi adonan kue serabi. Tak lupa juga di tambahkan gula garap dan pandan sebagai pewangi. Lalu adonan tersebut di tuangkan ke dalam wajan kecil di atas tungku lalu di tutup dengan penutup yang terbuat dari tanah liat. Dan memasaknya menggunakan arang bukan kompor. Lalu tunggu hingga serabi mekar.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu serabi ini matang, kira-kira hanya sekitar 3 menit, serabi siap untuk di hidangkan. Aroma yang keluar dari serabi sangat harum dan menggugah selera. Serabi Notosuman ini tidak menggunakan pengawet. Oleh karena itu serabi ini tidak bertahan lama, hanya bisa bertahan selama 24 jam dan enak di nikmati selagi masih hangat.

Di solo ini ada 2 varian rasa serabi yang lezat. Yaitu serabi polos dan serabi rasa coklat. Keduanya sama sama enak untuk di santap jika masih hangat. Anda bisa membeli serabi Notosuman seharga 1800 untuk serabi polos, dan 2000 untuk serabi coklat. Perbedaan nya pun hanya terletak di toping nya. Jika yang coklat, di taburi meses di atasnya, sedangkan yang polos tidak.

Dan jika anda berminat untuk membeli serabi Notosuman ini untuk oleh-oleh, maka anda bisa membeli serabi paket dus. Satu dus berisi 5 serabi campuran, yaitu serabi polos dan serabi coklat seharga nya 12000. Serabi Notosuman ini tersedia di beberapa pusat oleh oleh di Kota Solo. Dan pusatnya berada di Jalan Mohammad Yamin Surakarta Jawa Tengah.

Serabi Notosuman ini di buat  di 2 tempat berbeda di jalan yang sama. Yaitu Serabi Notosuman milik Ny. Handayani dan Ny. Lidia. Kedua toko ini letaknya berdekatan, karena jarak keduanya beberapa langkah saja. Kios Ny. Handayani berada di jln Moh Yamin no 51 Solo, sedangkan kios Ny. Lidia berada di jln Moh Yamin no 28 Solo. Keduanya sama sama keturunan dari pasangan perintis Hoo geng hook dan Tan giok lan. Meskipun bersumber dari catatan resep yang sama, tetapi ada yang membedakan kedua produk serabi tersebut.

Serabi Notosuman Ny Handayani, di bungkus dengan kardus berwarna oranye. Tokonya pun identik dengan warna oranye. Sehingga sangat kondang dengan sebutan serabi bungkus oranye. Dan juga pengemasan nya sangat sederhana, langsung di tumpuk di dalam kardus yang sudah di beri alas daun pisang tanpa di gulung. Rasa serabi Ny. Handayani cenderung lebih manis dari serabi Ny. Lidia. Harga satu dus nya 23 ribu untuk serabi biasa dan 25 ribu untuk serabi coklat. Selain menjual serabi, di sini juga tersedia jajanan pasar dan camilan ringan. Toko Ny. Handayani ini buka dari jam 05.00 – 19.00 WIB.

Sedangkan serabi Notosuman Ny Lidia, di bungkus dengan kardus berwarna hijau. Dan juga tokonya identik dengan warna hijau. Sehingga memiliki berbeda dengan took Ny. Handayani. Cara pengemasan nya pun berbeda dengan serabi Ny. Handayani karena serabi ini di gulung terlebih dahulu dan dilapisi daun pisang sebelum di kemas di dalam kardus. Serabi Ny. Lidia ini lebih terkenal, bahkan Serabi Ny. Lidia ini juga memiliki cabang di Bandung.

Jadi jika anda sedang berwisata ke Solo jangan lupa untuk mampir ke Srabi Notosuman. Di jamin pasti anda langsung ketagihan.

Oleh Oleh Makanan Khas Solo yang Murah dan Terkenal

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas masing masing. Salah satu nya adalah Kota Solo yang masih kental akan kultur dan budaya nya. Kota yang juga terkenal akan keanekaragaman seni batik nya ini ternyata juga memiliki oleh oleh yang tak kalah dari daerah lainnya.

Oleh oleh khas Solo memang menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo ini. Nah, jika anda sedang berlibur ke Solo, maka jangan sampai anda melewatkan untuk mencicipi kuliner solo yang memiliki cita rasa yang khas. Selain itu jangan lupa juga membeli oleh oleh untuk sanak saudara anda di rumah.

Nah, jika anda sedang berlibur ke Solo dan ingin membawa oleh-oleh. Berikut ini beberapa jenis oleh-oleh yang cocok untuk anda bawa pulang :

Surabi (Serabi) Solo

Jika anda berkunjung ke Kota Solo. Tak lengkap jika anda belum mencicipi serabi solo. Serabi solo memiliki ciri khas yaitu bentuknya yang lembut dan tipis. Dan rasa santan nya yang terasa sangat kuat di mulut, pasti membuat anda ketagihan. Saat anda membeli serabi, anda bisa juga melihat proses pembuatan nya.

Bahan yang di butuhkan untuk membuat serabi sangatlah mudah. Hanya membutuhkan tepung beras dan santan. Lalu di buat menjadi adonan kue serabi. Kemudian, adonan itu di masak di atas cetakan bulat kecil mengunakan tungku. Biasanya serabi Solo ini juga di beri beberapa macam taburan seperti pisang, nangka, meses. Disesuaikan dengan selera anda.

Aroma yang keluar dari kue serabi sangatlah harum, dan membuat kita tidak  sabar untuk menyantapnya. Kalau anda penasaran, anda langsung saja datang ke oleh oleh khas Solo. Harganya pun bersahabat, per biji nya sekitar 1800-2000.

Intip

Anda pernah mendengar makanan Intip? Dalam istilah Jawa, intip adalah sebutan untuk kerak nasi. Cara membuatnya pun hanya dengan menjemur kerak nasi kemudian di goreng. Namun kerak nasi hanya bisa di buat menggunakan kendil ( semacam panci untuk memasak nasi) dan biasanya masih menggunakan kayu bakar.

Meskipun hanya kerak nasi yang di goreng. Jangan salah. Intip goreng khas Solo memiliki rasa yang gurih dan renyah. Di tambah lagi dengan taburan gula jawa cair di atasnya dan taburan garam halus agar menambah cita rasanya.

Ampyang

Ampyang atau yang sering di sebut gula kacang ini adalah salah satu jajanan yang memiliki bahan utama gula jawa dan kacang tanah. Cara membuat nya pun sangat lah sederhana. Kacang yang sudah di kupas lalu di sangrai di masukkan ke dalam cairan gula yang di panaskan. Dan kemudian di diamkan hingga mengeras. Tekstur ampyang agak keras mirip seperti coklat berisi kacang kacangan. Warna nya coklat kehitaman dan dan mempunyai rasa yang manis gurih.

Brem Solo

Kalau berbicara tentang brem. Pasti indentik dengan Madiun ya? Hehe. Tapi Solo pun juga punya brem khas Solo. Bedanya dengan brem Solo dengan brem Madiun yaitu warna nya lebih putih dan berbentuk bulat kecil. Sedangkan brem Madiun, warna nya agak kuning dan berbentuk lempengan.

Brem adalah makanan yang terbuat dari olahan peragian air tape. Brem ini benar-benar memiliki cita rasa yang khas, yaitu agak sedikit masam, terasa dingin, dan langsung lumer ketika masuk ke mulut. Untuk mendapatkan brem khas Solo ini, maka jangan lupa mengunjungi took oleh-oleh khas Solo.

Rengginan

Anda pasti sudah tidak asing mendengar kata rengginan. Camilan khas kampung yang mirip kerupuk ini sudah sangat di kenal masyarakat. Makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan campuran bumbu, seperti bawang putih, kemiri, ketumbar , garam dan lain lain.

Abon Mesran Solo

Abon Mesran Solo banyak di gandrungi para wisatawan. Karena Abon memiliki daya tahan yang baik. Sehingga bisa di konsumsi dalam jangka waktu lama. Abon Mesran Solo ini sendiri terbuat dari daging ayam atau daging sapi. Rasanya yang di dominasi manis manis gurih sangat cocok untuk di jadikan lauk yang di santap dengan nasi. Selain enak untuk di jadikan lauk, abon ini juga sangat praktis dan murah. Harganya berkisar 35000 – 40000 . Sangat terjangkau bukan.

Serbat Jahe

Jika anda memiliki tempat tinggal yang beriklim dingin. Maka serbat jahe ini adalah oleh oleh yang sangat cocok untuk anda. Serbat jahe merupakan sebuah tablet jahe yang di campur dengan rempah-rempah khas Solo. Serbat jahe ini dapat membantu anda untuk menghangatkan badan di daerah beriklim dingin. Cara menikmatinya pun mudah yaitu dengan di seduh dengan air panas. Karena praktis dan berkhasiat, serbat jahe ini cocok untuk di bawa untuk oleh-oleh.

Srundeng

Serundeng merupakan salah satu oleh-oleh khas Solo yang bisa di katakana mirip dengan abon. Hanya saja rasanya berbeda dengan abon, rasanya cenderung lebih gurih. Dan bahan utama nya srundeng yaitu kelapa. Selain rasanya yang enak, srundeng ini juga memiliki kandungan gizi yang baik. Sehingga salah satu makanan tradisional Indonesia ini banyak di gandrungi masyarakat.